Selamat Datang di web Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini - Institut Agama Islam Negeri Kudus !

Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

ECA FEST, Pagelaran Seni Tari dan Drama Kolaborasi Mahasiswa PIAUD IAIN Kudus dan Lembaga PAUD di Kudus

Blog Single

Jumat (07/06/2024) Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini Semester 6, Angkatan 2021 menyelenggarakan pagelaran Seni Tari dan Drama dengan tema ECAFEST (Early Childhood Art Festival).

ECAFEST merupakan program kolaborasi antara Mahasiswa PIAUD IAIN Kudus dan sembilan Lembaga PAUD di wilayah Kudus yang terdiri dari Raudhatul Athfal (RA) dan Kelompok Bermain (KB). Dari lembaga RA, ada RA Imaduddin Mejobo, RA Thoriqotun Najah, RA Nurul Yasin, RA Hidayatus Sibyan, PAUD Halimatus Sa'diyah IAIN Kudus, RA Ribatut Tholibin Kandang Mas Dawe, RA In'anatut Tholibin Mejobo, dan RA Darus'saadah Hadipolo. Sedangkan, KB yang terlibat ada KB Terpadu Muslimat Bae.

Peserta didik dari masing-masing RA dan KB menampilkan performance tari dan drama di aula lantai lima Laboratorium Terpadu, IAIN Kudus dengan didampingi para coach yang berasal dari mahasiswa PIAUD IAIN Kudus. Sebelumnya, para peserta tersebut juga telah dilatih secara intensif oleh masing-masing kelompok mahasiswa. Pagelaran Ini diselenggarakan untuk memenuhi tugas akhir pada Mata Kuliah Seni Tari dan Drama yang diampu oleh Ibu Rakanita Dyah Ayu Kinesti, M.Pd dan bagian dari pengabdian kepada masyarakat prodi PIAUD, IAIN Kudus sebagai perwujudan Tri Dharma Pendidikan.

ECAFEST dimulai dari jam 09.00-14.00 WIB dan dihadiri oleh wakil dekan II, Fakultas Tarbiyah, dosen PIAUD, orangtua/ wali murid, dan guru maupun kepala RA/KB dari masing-masing lembaga PAUD yang berpartisipasi. Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an, menyanyikan lagi Indonesia Raya, sambutan dari ketua panitia (Muhammad Agil), Kaprodi PIAUD (Ibu Novita Pancaningrum, M.Pd.) dan Dosen Pengampu mata kuliah (Ibu Rakanita Dyah Ayu Kinesti, M.Pd)

"Alhamdulillah setelah persiapan dan latihan selama beberapa hari, pagelaran berjalan dengan lancar. Semua ini tak lepas dari kerja sama semua tim panitia, serta dukungan dari Ibu Rakanita sebagai dosen pengampu mata kuliah ini. Terimakasih juga saya ucapkan kepada semua pihak-pihak yang terlibat dalam ECAFEST”, kata Muhammad Agil selaku perwakilan mahasiswa semester 6 angkatan 2021.

Sukses untuk mahasiswa PIAUD, IAIN Kudus semester 6. Semoga ECAFEST bisa menjadi pendorong potensi kolaborasi prodi PIAUD, IAIN Kudus dan lembaga PAUD.  (Fitri, Atika, dan Pasiningsih)

Share this Post: