Selamat Datang di web Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini - Institut Agama Islam Negeri Kudus !

Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

PRODI PIAUD IAIN KUDUS KEMBALI ADAKAN PROGRAM MADRASAH BINAAN DI RA THORIQOTUN NAJAH JEKULO KUDUS

Blog Single

(Kamis, 22 Juni 2023) Prodi PIAUD IAIN Kudus kembali adakan program madrasah binaan. Kegiatan ini diadakan di RA Thoriqotun Najah Jekulo Kudus selama 3 hari yang melibatkan dosen PIAUD, guru, peserta didik dan wali murid RA Thoriqotun Najah. RA Binaan merupakan kegiatan pembinaan yang dilakukan dosen PIAUD untuk membina dan meningkatkan sumber daya manusia dan kualitas pembelajaran anak usia dini.

Sebagai langkah awal dari kegiatan RA Binaan maka dari pihak Prodi PIAUD melakukan pertemuan awal pada Rabu, 14 Juni 2023, acara dibuka oleh Novita Pancaningrum, M. Pd selaku Kepala Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Madrasah binaan merupakan bentuk perencanaan pembinaan sebagai langkah awal untuk bekerjasama menentukan program binaan yang sesuai dengan problematika lembaga RA Thoriqotun Najah.

Tindak lanjut dari pertemuan pertama, Prodi PIAUD merealisasikan program kedua yakni pada Selasa, 20 Juni 2023. Acara dibuka oleh Enny Yulianti, M. Pd., selaku dosen PIAUD sekaligus memberikan pelatihan pembuatan Alat Permainan Edukatif untuk peserta didik (APE) dengan tema "Mengenal Hewan Kurban melalui Media Pembuatan APE" dengan didampingi mahasiswa PIAUD IAIN Kudus. Acara dilanjutkan Workshop Kurikulum Merdeka dengan narasumber Novita Pancaningrum, M. Pd. dengan materi "Pelatihan Penyusunan Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Program Semester serta Modul Ajar".

Hari ketiga yaitu pada Kamis, 22 Juni 2023 dilaksanakan program parenting dengan tema "Mendampingi Anak Generasi Emas di Era Merdeka Belajar" dengan narasumber Hj. Any Umy Mashlahah, M. Pd, dosen PIAUD IAIN Kudus. Acara diawali dengan sambutan dari Hj. Siti Khotimah, S. Pd.I, selaku Kepala RA Thoriqotun Najah. Kepala RA berterimakasih kepada prodi PIAUD IAIN Kudus yang telah bersedia untuk melakukan binaan di RA tersebut. "Saya dan guru-guru disini mengucapkan banyak terimakasih pada ibu dan bapak dosen yang telah bersedia memberikan bimbingan kepada semua guru, siswa dan wali murid".

Partono, M.Pd.I selaku sekretaris program studi PIAUD IAIN Kudus, mengucapkan terimakasih dan harapan semoga kegiatan parenting ini bisa bermanfaat dan menjadi ilmu dalam mendidik anak di era merdeka belajar.  "Yang pertama saya mengucapakan terimakasih pada seluruh guru, wali murid yang sudah hadir dalam acara pada hari ini, semoga dengan kegiatan RA binaan yaitu parenting dapat bermanfaat bagi wali murid dan juga guru di RA Thoriqotun Najah".

Acara yang berlangsung selama 3 hari berlangsung dengan lancar. Sebagai penutupan kegiatan RA Binaan Thoriqotun Najah yaitu penyerahan Alat Permainan Edukatif (APE) dari PIAUD IAIN Kudus kepada RA yang didampingi oleh Alexis, Volunteer dari Dejavato Foundation. Harapannya semoga dengan pemberian APE dapat bermanfaat di RA dan dapat digunakan sebagai media belajar untuk peserta didik.

Dr. M Nur Ghufron, S. Ag., M. Si., Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus berharap RA binaan mampu menjadikan salah satu perantara dalam mewujudkan pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menarik untuk anak sehingga semua aspek perkembangan anak bisa terstimulus dengan baik (Enny Yulianti dan Pasiningsih)

Share this Post: