Selamat Datang di web Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini - Institut Agama Islam Negeri Kudus !

Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

ANAK PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI MALAYSIA MENJADI SASARAN PKM INTERNASIONAL DOSEN PIAUD DAN TADRIS BAHASA INGGRIS

Blog Single

Selasa, 11, Juli 2023. Dosen Pendidikan Islam Anak Usia Dini bersama Dosen Tadris Bahasa Inggris melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kampung Bharu Komunitas Sanggar Bimbingan bagi anak pekerja migran Indonesia dengan tema "Empowering English for Young Learners for Indonesian Migrant Children in Malaysia".

Dalam penyampaian materi bersama 33 anak pekerja imigran Indonesia, Wakil Dekan 1 Fakultas Tarbiyah, Drs. Ulin Nuha, M. Pd. mensosialisasikan tentang pentingnya penggunaan bahasa Inggris yang tepat dalam kegiatan sehari-hari. 

Enny Yulianti, M. Pd selaku dosen PIAUD dalam materinya menyampaikan bahwa anak berada dalam tahapan yang paling fleksibel untuk mengenal bahasa. Anak mengalami perkembangan formasi syaraf otak yang signifikan di usia tersebut. Anak dapat menerima bahasa lain selain bahasa ibu yang digunakan sehari-hari sebagai sebuah skill yang sama seperti skill motorik. Anak dapat mengutarakan kembali kosa kata baru yang diperolehnya. 

Selain dosen, terdapat juga penyampaian materi oleh mahasiswa dalam PKM Internasional ini. Tidak hanya itu saja, mahasiswa ikut memeriahkan acara dengan mengajak menyanyi dan membagikan hadiah kepada anak-anak pekerja migran.

Dr. M Nur Ghufron, S. Ag., M. Si., Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus berharap dengan adanya Pengabdian Kepada Mayarakat (PKM) dapat meningkatkan iklim akademik yang kreatif, inovatif, visioner, solutif dan mandiri. Perguruan tinggi tidak hanya berkontribusi pada keilmuan tetapi juga aplikasi nyata dan dapat bermanfaat bagi sesama. 

Program ini disambut baik oleh Bapak Supardi selaku Pengarah Sanggar Belajar Kampung Bharu Malaysia. Anak imigran pekerja Indonesia membutuhkan pendidikan yang bisa membantu meningkatkan kemampuan komunikasi anak. Dengan kegiatan ini anak mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan cara berpikir kritis yang akan membantu mereka menggunakan logika saat membuat keputusan di masa depan.(enny)

Share this Post:

Galeri Photo