PRODI PIAUD ADAKAN STUDIUM GENERAL MAHASISWA BARU 2020

Blog Single

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Prodi PIAUD IAIN KUDUS pada hari Senin tanggal 14 September 2020 kemarin, dalam memulai perkuliahan semester gasal,mengadakan Studium General bagi mahasiswa Baru angkatan 2020. Diikuti oleh kurang lebih 80 mahasiswa baru, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, acara berlangsung dengan lancar selama 1 jam 30 menit. Bertempat di Aula lantai 1 gedung V Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, studium General mengambil tema “Menanamkan Moderasi Beragama pada Anak Usia Dini” dengan narasumber Dr. Fuat Munajat, S.S., M.A dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus sekaligus sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat(LP2M) IAIN Kudus dan moderator Ibu Dewi Ulya Mailasari, S.S., M.A. yang merupakan Kaprodi PIAUD IAIN Kudus.

Dengan latar belakang keilmuan Pendidikan Bahasa Arab dan kajian Timur Tengah, beliau menyampaikan pentingnya moderasi beragama bagi segala jenjang pendidikan dari TK/RA sampai Perguruan Tinggi. Apalagi mahasiswa PIAUD sebagai calon pendidik di jenjang PAUD sangat penting peranannya dalam mendidik generasi muda yang masih dalam usia dini untuk memberi pondasi bagi anak-anak di ke depannya. Beliau memulai pemaparan dengan problem yang dihadapi oleh masyarakat kita, berdasar hasil survei PPIM UIN Jakarta yang menunjukkan prosentase di atas 50 % guru di Indonesia memiliki opini intoleran.  Kemudian aspek perkembangan manusia secara umum, dan aspek perkembangan anak, indikator moderasi beragama, dan solusinya. Selanjutnya peserta juga diberikan informasi tentang profil lulusan, dan kurikulum Prodi Piaud.

Peserta tertib dengan hadir tepat waktu, menunjukkan antusiasme dengan bertanya dan mengikuti acara dari awal hingga akhir. Studium General ini bertujuan menambah wawasan mahasiswa berkaitan fenomena masyarakat yang berkembang yaitu munculnya benih intoleransi di sebagian pendidik di Indonesia dengan melihat dari perspektif yang lebih luas. 

 

Share this Post1: